Oleh Adhika Dwi Pramudita |
Studentpreneur – Sen, 17 Feb 2014
Jika Anda Berpikir masih ada banyak
waktu, maka pasti Anda sudah kehilangan banyak waktu berharga.
Pernahkah Anda bertanya mengapa waktu berlalu cepat
sekali? Pasti semua orang pernah mengalaminya. Kebanyakan orang tidak ingat
bagaimana mereka menghabiskan banyak waktu mereka. Hal ini sangat sering
terjadi terutama seusai liburan. Tidak efektif dalam hidup maupun pekerjaan
akan mempengaruhi performa Anda. Belum lagi pekerjaan dan bisnis yang bisa jadi
berantakan karena hal tersebut. Berikut adalah 6 kebiasaan yang selalu
dilakukan oleh orang-orang yang tidak efektif.
Tidak punya tujuan
Akar dari ketidak-efektifan seseorang selalu
disebabkan oleh tidak adanya tujuan. Tanpa tujuan maka dapat dipastikan
seseorang akan kebingungan dan berjalan tanpa arah, bahkan bisa juga
menyebabkan seseorang untuk berhenti. Hal ini juga membuat kebanyakan orang
tidak dapat menentukan prioritas aktivitas yang harus dikerjakan lebih dahulu.
Secara sederhana, set goal, finish it, and repeat.
Mengkonsumsi lebih banyak daripada yang
bisa dihasilkan
Sering menghabiskan banyak waktu untuk
kumpul-kumpul ataupun menghabiskan banyak uang hanya untuk makan enak adalah
kebiasaan yang paling sering dijumpai pada orang-orang yang tidak efektif.
Selain itu mereka juga berpikir terlalu lama sehingga membuang banyak waktu
berharga, lebih parah lagi kalau terlalu banyak memikirkan hal-hal negatif yang
dapat terjadi.
Bergantung pada “multi-tasking” untuk
menghemat waktu
Banyak orang berpikir mengerjakan lebih dari 1
hal dalam waktu bersamaan akan membuat mereka menjadi lebih efektif. Namun
kenyataannya hal itu menjadikan mereka tidak fokus dan justru malah memakan
waktu lebih lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Kecuali kalau Anda merasa
Superman, lebih baik Anda menyelesaikan satu hal sebelum berusaha menyelesaikan
hal lainnya.
Tidak melakukan organisasi dengan baik
Orang-orang yang tidak efektif pasti akan
menghabiskan banyak waktu dalam mengerjakan segala hal karena mereka tidak
memiliki keahlian berorganisasi yang baik. Inilah alasan mengapa mengikuti
organisasi itu sangat penting sejak usia masih muda. Namun jangan sampai
menghabiskan waktu berlebihan di organisasi karena alasan absensi atau rasa
bangga terhadap institusinya karena hal ini justru akan menjadikan seseorang
kembali tidak efektif.
Menganggap komunikasi sebagai jalur satu
arah
Seringkali orang bingung mengapa mereka tidak
dapat menyelesaikan satu masalah ataupun memotivasi orang lain. Hal ini
merupakan salah satu masalah terbesar yang dialami oleh semua orang. Kebanyakan
mereka yang mengalami masalah komunikasi terbesar adalah mereka yang hobinya
suka berbicara. Mereka tidak akan membuat percakapan itu hidup jika hanya salah
satu orang saja yang berbicara, sedangkan yang lain hanya mendengarkan saja.
Mengharapkan orang lain untuk membantu
Ketika mendapat pekerjaan baru yang belum dikuasai,
banyak orang mengharapkan akan ada orang lain yang datang untuk membantu
mereka. Hal inilah yang membuat mereka menjadi malas untuk mempelajari hal baru
tersebut. Akhirnya yang terjadi adalah mengerjakan semuanya di menit-menit
terakhir. Dalam dunia kerja, kita akan kesulitan menemukan senior yang dengan
berbaik hati membantu kita menyelesaikan tugas. Ingat saja bahwa mereka juga
sedang kesulitan mengerjakan tugasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar