Rabu, 18 Desember 2013

Inilah Saran Agar Kemitraan Bisnis Bisa Berjalan Langgeng



Agar rekanan bisnis bisa berjalan langgeng ada dua hal terpenting yang harus Anda pahami. Yenni Sujono, yang telah bekerja sama dengan Martha Tilaar Group dan membuka tiga outlet Martha Tilaar Salon Day Spa di Jakarta, berbagi tips seputar menjalin rekanan bisnis atau memiliki bisnis waralaba (franchise).
"Yang pertama adalah menaati SOP (standard operating procedure) yang ada. Mengikuti apa yang ada dalam manajemen dan SOP adalah penting karena dalam SOP terdapat acuan dan patokan yang harus diikuti," jelas Yenni saat pembukaan outlet spa terbarunya di kawasan Tendean pekan lalu.
Yenni mengaku bahwa SOP itulah yang menjadi panutannya dalam menjalankan dan meneruskan bisnis, bahkan dia banyak belajar melalui SOP tersebut.
Saya yang tidak mengerti tentang bisnis spa jadi belajar melalui SOP," kata Yenni yang dinobatkan sebagai The Best Franchisee 2013 dari Majalah Info Franchisee kategori Spa.
Sementara yang kedua, menurut Yenni, adalah komunikasi. Bagi Yenni, komunikasi dalam menjalin kerja sama bisnis sangatlah penting. Jika ada suatu masalah terjadi, hal itu harus dikomunikasi ke rekan bisnis.
Saya selalu menyampaikan keinginan atau usul saya kepada Mbak Wulan (Tilaar) dan tim,ujarnya singkat. (bn/kabar24.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar