Agar rekanan bisnis bisa berjalan langgeng ada dua hal
terpenting yang harus Anda pahami. Yenni Sujono, yang telah bekerja sama dengan
Martha Tilaar Group dan membuka tiga outlet Martha Tilaar Salon Day Spa di
Jakarta, berbagi tips seputar menjalin rekanan bisnis atau memiliki bisnis
waralaba (franchise).
"Yang pertama adalah menaati SOP (standard operating
procedure) yang ada. Mengikuti apa yang ada dalam manajemen dan SOP adalah
penting karena dalam SOP terdapat acuan dan patokan yang harus diikuti,"
jelas Yenni saat pembukaan outlet spa terbarunya di kawasan Tendean pekan lalu.
Yenni mengaku bahwa SOP itulah yang menjadi panutannya dalam
menjalankan dan meneruskan bisnis, bahkan dia banyak belajar melalui SOP
tersebut.
Saya yang tidak mengerti tentang bisnis spa jadi belajar
melalui SOP," kata Yenni yang dinobatkan sebagai The Best Franchisee 2013
dari Majalah Info Franchisee kategori Spa.
Sementara yang kedua, menurut Yenni, adalah komunikasi. Bagi
Yenni, komunikasi dalam menjalin kerja sama bisnis sangatlah penting. Jika ada
suatu masalah terjadi, hal itu harus dikomunikasi ke rekan bisnis.
Saya selalu menyampaikan keinginan atau usul saya kepada
Mbak Wulan (Tilaar) dan tim,ujarnya singkat. (bn/kabar24.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar